Selasa, 17 Juli 2012

MENGENAL SISTEM AWAL MELODY GITAR


Seperti yang saya sampaikan diatas, bermain gitar akan lebih baik jika memiliki 3 faktor
tersebut. Didalam buku ini akan saya jelaskan secara detail dengan pemahaman dan
praktek langsung dari anda sehingga keterbatasan waktu yang anda miliki dapat
dimanfaatkan dengan sempurna.
Mungkin anda sebelumnya pernah belajar langsung dari master master gitar yang sudah
ternama yang tentunya juga mungkin anda pahami sedikit demi sedikit pengenalan
bahasa yang digunakan dalam bermain gitar. Akan tetapi saya yakin pasti ada aja
pertanyaan yang sulit dijawab mengapa harus demikian dan kenapa kok bisa?
Disinilah anda akan menemukan rahasianya dan memahami karakter dari gitar tersebut.
Memainkan gitar dengan tehknik melody yang ada sangatlah mudah apabila anda
memahami dan mempraktekan dengan benar.
Seperti yang kita ketahui notasi melody ada 7 not yaitu:
1 2 3 4 5 6 7 dibaca Do Re Mi Fa Sol La Si
Dan akan kembali ke Notasi 1 atau Do tinggi, itu berarti notasi sudah masuk ke oktaf 2.
Jadi setiap oktaf memiliki 7 Not / nada atau suara. Setiap not memiliki jarak antara not
yang satu dengan yang lainnya seperti :
Jarak :
Do Re Mi Fa Sol La Si Do
1 2 3 4 5 6 7 1
— — — — — — —
1 1 ½ 1 1 1 ½
Sistem Dasar Notasi
Do Re Mi Fa Sol La Si
C D E F G A B
Dengan memahami system notasi diatas anda akan lebih mudah mempelajari Buku
panduan ini.
Saya akan mengarahkan anda bermain gitar selangkah demi selangkah menjadi seorang
gitaris yang lebih paten dari sebelumnya. Didalam penjelasan buku ini kita nanti akan
membahas tehknik belajar gitar dasar dengan chord, jarak nada dan notasi. Mengenal Do dalam permainan melody akan anda pahami setelah mempelajari Guitar
Base yang saya ciptakan ini. Karakter nada setiap vocal akan dituntun oleh Chord / kunci
yang dimainkan.

Adapun yang harus anda lakukan kedepan untuk mempelajarinya,
a. Pelajari dan pahami kata demi kata sehingga anda mengerti akan langkah demi
langkahnya karena saya merangkum pelajaran ini menjadi singkat.
Peringatan : jangan berambisi untuk mempelajari point yang ingin anda cari,
mungkin itu bisa membingungkan anda untuk pemahamannya.
b. Sediakan catatan khusus untuk mempermudah pemahaman anda dalam
mempraktekannya.
Peringatan : jangan pernah mengabaikan hal sekecil apapun dalam belajar
c. Pelajari dari awal sampai penutup karena dari satu teori ke teori yang akan
dipraktekan sangatlah terkait.
Peringatan : jika anda melampaui halaman sebelumnya, saya jamin akan menemukan
masalah di pelajaran berikutnya.
d. Setelah semuanya anda mengerti, praktekan langsung, dan lihat hasilnya, saya
jamin akan ada kebanggan dari diri anda.
PENGENALAN SISTEM JARI DAN GITAR
Sebagai dasar sebelum memainkan dawai gitar anda, ada hal penting yang harus diingat
dan pahami selama menekuni dunia gitar yaitu pengenalan nama jari dan senar atau
dawai sehingga mempermudah dalam proses belajar di buku panduan ini.
Dengan system tersebut berarti saya mampu memberikan semua kemampuan bermain
gitar yang akan tertuang dalam buku ini. Mari kita mengenal satu persatu dari system jari,
greep, jarak dan system senar tersebut.
A. SISTEM JARI DAN GITAR
Untuk mempermudahnya lagi saya selipkan gambar tangan kiri beserta nomernya sebagai
berikut : 


Add caption


Ingat!!!, nomer nomer jari diatas itu harus anda ingat, jangan pernah lupa, karena itu
merupakan kunci dari semua pelajaran Buku Guitar My Melodys Skill ini. Sekarang
akan saya perjelas lagi dengan uraian berikut ini :
Jari telunjuk disebut jari 1 Jari Manis disebut jari 3
Jari tengah disebut jari 2 Jari kelingking disebut jari 4

Untuk berikutnya saya akan menjelaskan nama nama komponen dari gitar diatas
agar anda mengenalnya lebih dekat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar